Senin, 29 September 2014

GENERASI PERKEMBANGAN KOMPUTER



GENERASI KOMPUTER
Pada akhir tahun 1960an sampai dengan akhir tahun 1970an ada banyak pembicaraan tentang “GENERASI” teknologi computer.
Sebelum masuk ke dalam pembahasan kita patutlah tau tentang definisi computer secara mendasar terlabih dahulu, computer dapat di artikan dalam bahasa inggris “to compute” yang dapat di artikan “menghitung”.sehingga dapat di ambil kesimpulan computer adalah alat yang dapat mengolah,menerima data dan dapat memberikan informasi dengan bekerja secara otomastis.
Dari beberapa generasi tersebut sangat beragam bentuk,jenis serta perkembangan  yang di alami computer dalam beberapa generasi,dalam blog ini akan di bahas tahapan genarasi computer.
1.     GENERASI PERTAMA
Pada tahun 1940an seorang insinyur asal jerman yang bernama konrad zuse membuat computer Z3 yang di kenal karena komponennya yaitu  vacuum tube sehingga  mesin computer masih berukuran sangat besar,system pada computer pada generasi pertama tersebut menggunakan sisitem kode-biner “bahasa assembler” atau “bahasa rakitan”.
Pada awanya computer tersebut di buat untuk mendesat pesawat dan peluru kendali
Berikut gambar untuk computer generasi pertama




2.    GENERASI KE- DUA
Generasi kedua tahun 1956 pada generasi kedua ini computer sudah mengalami oerubahan dari segi bentuk,kecepatan transfer data serta perangkat tambahan pada computer yang mendukung kinerja computer tersebut.
Pada generasi kedua computer sudah menggunakan “transistor circuit” atau sirkuit transistor dimana transistor menggunakan daya yang lebih sedikit di bandiingkan generasi sebelumnya,transistor di solder pada papan sirkuit yang kemudian menggantikan vacuum-tube yang berukuran sangat besar.
Pada generasi kedua ini bahasa pendukung computer sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi sebagai contoh : COBOL,FORTAN dan ALGOL
  
Berikut gambar untuk computer generasi kedua




3.    GENERASI KE-TIGA
Pada Tahun 1964an pada generasi ini akses kecepatan data pada computer ebih cepat karena computer sudah menggunakan “integrated circuit” atau bias di sebut sikrkuit terpadu.
Chip silicon terdiri dari beberapa transistor contoh perintisnya adalah modul ACPX,penumpukan laisan silicon pada substrat-keramik  di tampug lebihdari 20 transistor pada setiap chipnya,chip tersebut di satukan dalam sebuah papan sirkut dengan menghubungkannya sattu dengan yang lainya.
Generasi ketiga ini adalah perintis dari generasi yang sekarang dengan banyaknya pembuatan aplikasi pendukung pada computer.
Berikut contoh gambar kompter generasi ketiga





4.    GENERASI KE-EMPAT
Generasi computer ke-empat di bangun pada tahun 1970an computer ini adalah pengembangan dari generasi yang ke-tiga kompuer generasi ini sudah menggunakan basis VLSI (Very large scale integration).
Arinya adalah system computer generasi ke-empat dapat berintegrasi dengan skala yang sangat besar,computer di rancang dengan menggunakan microprosesor dengan meyatukan satu sirkuit pada sebuah chip silicon tunggal.
Setelah di generasi computer pertama yang memerlukan ruang sangat besar sekarang hanya di butuhkan ruang yang sangat kecil.komputer generasi ke-empat lebih dapat di andalkan di banding generasi sebelumnya,sehingga generasi ke-empat ini dapat di kategorikan computer pribadi atau PC.
Karakterististik computer generasi ke-empat
·         Pada generasi ke-empat computer berbasis mikroprosesor
·         Kecepatan,akurasi dan kehandalan lebih bagus di banding genarsi sebelumnya
·         Banyak bahasa tingkat tinggi yang di kembangkan seperti COBOL,FORTAN,BASIC,PASCAL dan Bahasa C
Berikut gambar computer generasi ke-empat



5.    GENERASI KE-LIMA
Pada generasi ke-lima ini computer di gunakan agar  dapat berinteraksi dengan manusia serta  dapat meniru intelegensi manusia yang di sebut juga generasi Pentium.
Tujuan dari generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang bisa merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan self-organisasi. Komputasi kuantum dan molekuler dan nanoteknologi akan digunakan dalam teknologi ini. Jadi kita dapat mengatakan bahwa komputer generasi kelima akan memiliki kekuatan kecerdasan manusia.
Karakteristik dari generasi ke-lima adalah
·         Menggunakan VLSI
·         Memiliki kecerdasan buatan
·         Dapat mengenali gambar dan grafik dengan baik
Berikut gambaraan computer generasi ke-lima




Pada generasi mendatang kemungkinan akan muncul generasi yang ke-enam yang mana dalam sebuah computer berisi program yang sangat kompleks dan bisa juga menyamai kecerdasan manusia di sebuat generasi Titanium.
Demikina artikel ini di buat jiak ada kesalahan atau tatal letak teks yang kurang rapi mohon di maklumi.

SUMBER           : Materi pemrograman dasar
SUMBER GAMBAR 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar