Kamis, 01 Mei 2014

gaya hidup sehat rasulullah




SUPER HEALTH GAYA HIDUP SEHAT RASULULLAH
BAB 1: KEBERSIHAN DIRI
A.cuci tangan
Cuci tangan adalah lini pertama pertahanan kuman.buktinya,coba lihat apa yang pertama kali rosulullah lakukan ketika bangun tidur?
Abu hurairairah r.a meriwayatkan bahwa rosulullah saw.bersabda, ”bila salah seorang dari kalian bangun tidur,janganlah memasukan tangan kalian dalam bejana sebelum mencuciinya sebanyak tiga kali,karena dia tidak thau apa yang di sentuhnya sewaktu ia tertidur” (H.r. Bukhari dan muslim ).
Jadi peran cuci tangan sangatlah penting dalam kegiatan sehari-hari karena setiap sentuhan dapat menularkan sangat banyak penyakit jika tangan tersebut dalam keadaan kotor dan penuh bakteri.bila tangan tidak bersih penyakit perut dari sumber mulut (faecal-oral) muncul.termasuk terancam berbagai firus yang berbahaya seperti SARS,flu burung,flu babiinfluenza (bias berasal dari bersalaman,gagang pintu di tempat umum dll).
Prosedur memcuci sangatlah mudah hanya menggunakan air yang mengalir dan basuh tangan dengan bersih,akan tetapi banyak yang salah prosedur pencucian btangan seperti kobokan,kobokan tidaklah steril.
B. menyikat gigi (bersiwak)
Siwak dalam kehidupan islam hampir di wajibkan karena siwak menjaga mulut agar tetap bersih dari kuman dan kotoran sisa makanan.siwak di ambil dari batang,akar dan ranting dari tanaman arak (salvadora persica).adapun cara membersihkan gigi dengan siwak:
a)    Letakan posisi siwak 45° terhadap gusi
b)   Gerakan wiwak naik turun terhadap permukaan gigi.
c)    Gerakan secara translasi batng siwak tersebut.
d)   Sikat permukaan dalam gigi secara merata.
e)   Siikat dan dengan sedikit gigitan  agar serat-serat batang siwaktersebut membersihkan secara merata.
Siwak mengandung antibacterial acids,yang berfungsi untk embunuh bakteri yang merugikan di dalam rongga mulut.adapun kandungan kimia seperti klorida,potassium,sodium bicarbonate,silica,sulfur,vitamin c,trimethyl amine,salva dorine,tannins dll,bahan tersebut dapat membersihkan dan memutuhkan gigi.
Terdapat juga minyak aroma alami dan bau yang segar agar menimbulkan efek segar di mulut,juga mengandung antidecay agent (zat anti pembusukan).
C. Wudhu
Thaharah merupakan inti dari ibadah tanpa hal yang satu ini jangan harap solat dapat di terima,medis banyak yang mengungkapkan rahasia di balik berwudu baik secara fisik maupun mental.
Adalah D.r magomedov,asisten lembaga general hygiene and ecology (kesehatan umum dan teknologi).menyakatan bahwa wudhu daPat menstimulasikan
Dan merangsang irama tubuh.rangsangan ini muncul pada seluruh anggota tubuh,khususnya yang disebut biologicsl sctive spot (BASes) atau titik aktif biologis.ada 700 BASes pada tubuh kita,tapi 65 di antaranya memiliki reflek terapi cepat atau bias di sebut “drastic spot” yaitu adalah daerah yang di basuh oleh air wudhu.
a)    Membasuh area wajah akan memberikan efek positif pada usus,ginjal,sistemsyaraf maupun reproduksi.
b)   Membasuh kaki berefek  positif pada kelenjar pituitari pada otak yang mengatur kelenjar endokrin .
c)    Membasuh bagian lengan dapat meminimalkan terkeanya kanker kulitdll’
d)   Berkumur membersihkan area rongga mulut dari bakteri.
e)   Istinsyaq  menghirup aid kedalam hidung fungsinya adalah mensucikan selaput lendir yang tercemar oleh udara kotor.
f)    Membasuh telinga berfugsi mengurangi tekanan darah tinggi danmengurangi suhu yang masuk ke otak.
g)   Membasuh jidat dan sebagian dari kepala untuk menyegarkan otak dan melancarkan peredaran di daerah kepala.
D. Mandi
Ternyata mandi tidak hanya baik untuk membersihkan badan dan kotoran dan menjauhkan stress .tetapi juga meningkatkan system kekebalan tubuh.Penelitian di jepang menunjukan bahwaberendam selama 10 menit di dalam air hangat dapat memperbaiki kinerja jantung baik pria maupun wanita.
Konkretnya suhu yanag baik di gunakan untuk mandi adalah di kisaran 12-18 °c,mandi air dingin sangat baik untuk menyegaran tubuh dan meredakan ketegangan  dan dapat meningkatkan gula darah.inilah alasanyabanyak orang jepang mandi dengan air dingin,sebaliknya mandi air hangat di suhu 32-35 °c memuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin(racun),membantu menurunkan angka gula darah  menyembuhkan sakit  otot dan membantu kinerja usus besar .
“hak atas setiap muslim adalah mandi (paling sedikit sekali sehari) dalam tujuh hari dan membersihkan kepada dan badannya” (H.r.bukhari,dan muslima).
BAB 2 : TAHAJUD
Solat tahajut awalmulanya adalah wajib namun,amanat yang berat di emban kaum muslmin dan beban yang sulit pada saat ituamanat yang sebalumnya di tolak oleh langit dan bumi ,keduanya khawatir tidak mampu mengembannya,lalu amanat itu dii bebankan pada pundak manusia.
Kemudian turunlah ayat  20 dalam surat  (Q.s al-muzzammil) yang artinya “sesungguhnya tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (shalat)kurang dari dua pertiga malam,atau seperdua malam atau separtiganya dan (demikian pula)segolongan orang-orang yang bersama kamudan allah menetapkan ukuran siang dan malam.
Allah mengetahui bahwa kamu sekali kali tidak dapat menentukan batas batas waktu waktu itu,maka dia memberi keringanan kepada mu,kerena itu bacalah yang mudah (bagimu) dari al-qur’an.
Dia mengetahui bahwa aka nada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang –orang yang berjalan di  muka bumi mencarikarunia allah;dan orang orang lain yang berperang di jalan allah,maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari al-quran dan dirikanah shalat,tunaikanlah zakat dan brikanlah pnjaman kepada allah pinjaman yang baik.
Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasannya) di sisi allah sebagai balasan yang paling baik dan paaling besar pahalanya.dan mohonlah ampu kepada allah;sesungguhnya allah maha pengampun lagi maha penyayang” (Q.s. al-muzzammami [73]:20)
Kenapa di ubah menjadi sunah?
pada awal isra mi’raj rasullulah shalat pada waktu itu adalah sebnuyak 50 rakaat,karena kasih saying yang besar dari allah kepada hambanya shalat menjadi 5rakaat,karena allah swt tahu kelakaian dari sifat manusuia akan banyak merugikan bagi kaum muslimin pada saat itu,rasulullah saw bersabda, “shalat sunah yang paling utama setelah shalat faardu adalah shalat tahajud”. (H.r abu dawud).
Manfaat medis shalat tahajjud,dr shleh dalam bukunya terapi shalat tahajud berhasil mengaetengahkan sebab ilmiah dari ibadah sesuai sabda nabi, “shalat tahajjud dapat menghapus dosa,mendatangkan ketenangan dan menghindarkan diri dari penyakit”
A.Kortisol
Kortisol menurut pendapat medis ahli kelangsingan adalah hormone jahat yang dapat menimbulkan kegemukan atau hormone ini juga sering di sebut hormone stress,padahal fungsi utamanya justru untuk menangkal dan mempersiapkan tubuh terhadap stress.tanpa hormone ini membuat satu makhlus sangat renntan terhadap tekanan dari luar.
Kortisol di haasilkan oleh kelenjar di ginjal oleh control oleh otak jika terjadi stress atau hal yang memnbuat tubuh melepas hormon in terjadi.fungsinya adalah berkaitan dengan pengaturan pembakaran zat-zat gizi serta menggunakannya,yang lazim di sebut metabolisme.
Jadi memang berbahayakah kortisol itu?seperti telah di jelaskan di atas allah selaku penciptanya pasti telah memberikansemuanya agar berjalan ideal,kortisol di keluarkan dari kelenjarnya oleh stimulasi otak secara periodic,sehingga menimbulkan irama ritmis dengan puncak dan lembahnya setiap hari,irama tersebut sering juga di sebut “irama sirrkadian”.
B.Hubungan kortisol dan tahajud
Terkait dengan irama sirkadian,dapat di pahami bahwa kortisol di butuhkan untuk melawan stress harian,hanya saja yang di hindari adalah pengaruh negatifnya yang mampu menekan system imun yang bias berakibat seorang bias menjadi rentan sakit.hormon kortisol yang stabil dan relative lebih rendah pada pengamal shalat tahajud,shalat tahajud berpengaruh terhadap peningkatan respons ketahanan tubuh imunologik.
Shalat tahajud yang di jalankan secara tepat,kontinu,khusyuk dan ikhlas mampu menumbuhkan persepsi dan motvasi positif dan mampu memperbaiki mekanisme tubuh dalam mengatasi perubahan yang di hadapi atau beban yang di terima.mekanise ini berbentuk melalu belajar dan mengingat,mekanisme ini serng di sebut juga coping.
Respon emosi positif dan coping yang efektif  dapat mengurangi reaksi stress.memang coping tidak menyelesaikan masalah ,tapi menolong subjek mengubah persepsi dan meningkatkan kondisi yang di anggap mengancam .dengan demikian ,dapatlah di pahami bahwa repon emosional positive atau coping yang evektif sebagai dampak secara langsung dari shalat  tahajud.
C. Ikhlas
Dalam penelitian mccheland yang membuktikan bahwa ketenangan dapat meningkatkan ketahanan tubuh atau imun,mengurangi resiko penyakit jantung,dan meningkatkan usia harapan hidup.sebaliknya sress dapat memepercepat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke seluruh anggota tubuh( metastasis).dengan demkian secara teoritis pengamal shalat tahajud lebih terjamin kesehatanya,baik secara fisik maupun mental.
Namun telaah medis menunjukan  bahwa terdapat dua kelompok pengamal shalat tahajud,secara fisiologi sebenarnya pola irama hidup manusia memiliki pola sirkadian,tipe tengah hari bisa di sebut juga sirkadian diurnal.dan jika siklus ini di sertai dengan beban melaksanakan shalat tahajud di malam hari dia akan menjadi nocturnal (malam)hal ini mempengaruhi perubahan perilakus dari sistem saraf yang bertujuan beradaptasi dengan irama sirkadian.
Gangguan adaptasi ini tercermin pada sekresi (pengeluaran) hormone kortisolyang seharusnya menurun pada malam hari.
D. Waktu shalat tahajud
Malam hari terbagi dalam tiga bagian.pembagian ini terkkait dengan al-qur’an surat al-muzzammil[73]ayat 3 dan 4,”separuh malam,kurang atau lebih” merujuk pada penjelasan department agama RI,apabila spertiga malam pertama yaitu di kisaran pukul 22.00-23.00 WIB.seperdua malam di pukul 00.00-01.000 WIB,sedangkan dua pertiga  malam terakhir jatuh pada pukul 03.00 WIB.
3.BAB 3 : SHALAT SUBUH PENGAWAL HARI
A. Keutamaan waktu dan shalat subuh
Utsman bin affan r.a berkata bahwa rasulullah saw. Bersabda : “ barang siapa yang shalat isya berjamaah maka seakan akan ia telah shalat malam.dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah seakan-akan ia telah melaksanakan shalat malam penuh”.shalat sunah saja lebih baik dari dunia dan seisinya,lalu bagaimana dengan shalat wajib subuh itu sendiri? Sungguh tak terbayangkan keutamaanya.
Dr.barita sitompul,sp.jp, sesuai disippli keilmuanya,spesialisasi jantung dan pembuluh darah menyingkapkan hal yang menakjubkan bahwa shalat subuh bermanfaat karena mampu mengurangi kecenderungan terjadinya gangguan kardiovascular  (sitem jantung dan pembukuh darah).pada studi MILIS,GISSI 2 dan studi studi lain di luar negri menytakan bahwa,puncak terjadinya serangan jantung adalah dari pukul 6 pagi sampai 12 siang,karena pada saat itu terjdi knaikan tegangan saraf simpatis dan penurunan saraf para simpatis.
Pada pergantian pagi perlahan tekanan darah berangsur naik,Karen terjadinya peningkatan adrenalin. Meningkatnya adrenalin bereek menyempitkan pembuluh darah di sertai meningkatnya sifat agregasi trombosit (sifat sling menempel terhadap sel trombosit sehingga membuat darah menjadi beku).hal ini terjadi pada semua manusia setiap hari,hal tersebut sering di sebut sebagia ritme circardian ritme sehari-hari yang secara kodrat di berikan oleh tuhan kepada manusia.
B. Setelah shalat subuh mau apa?
Ada beberapa waktu yang tidak d anjutrkann untuk tidur,di antaranya setelah subuh dan ashar.kerna itu,hendaknya kita tidak tertidur setelah shalat subuh  kecuali karena kita sakit.
Allah memberikan waktu setelah subuh ini dengan berbagai fasilitas.proses pembuangan racun begitu maksimal sehingga udara begitu murni baik untuk kesehatan.percaya atau tidak bahwa air dari penyulingan alam inilah berkualitas terbaik dan menyegarkan.
C. Pertama,berdiam diri di masjid
Annas bin malik meriwayatkan sabda rasulullha bahwa: “ barang siapa mengerjakan shalat subuh berjamaah kemudin duduk berdzikir hingga terbit matahari (dan meninggi) kemudian shalat dua rakaat maka baginya seperti pahala haji dan umrah yang di tunaikan dengan sempurna ….dengan sempurna….dengan sempurna.” (Hr.attirmidzi)
Secara medis doa dan zikir tidak hanya kesehatan mental yang terjamin. Dr.larry dossey dan Dr.byrd di san fransisco general hospital dengan 393 subjek pasien jantung kritis.kemudian di bagi dalam dua kelompok,kelompok pertama tidak di doakan sama sekali dan kelompook kedua di doakan hasilnya menakjubkan pasien yang di doakan masa pemondokanyalebih sedikit dan sedikit mengalami kemungkinan serangan gagal jantung.
D. Kedua,melakukan peregangan dan latihan fisik (riyadha)
Hiruplah udara segar ,penuhi kebtuhan oksigenmu  untuk ragamu.banyak dokter menyarankan olah raga pada akhir-akkhir ini,karena lingkungannya memang lebih membantu pada saat ini.cukup 15-30 menit setiap hari,demikian saran dari mereka.
E. Ketiga,melakukan aktifitas bermanfaat lainnya
Abu umamah r.a meriwayatkan bahwa rasulullah saw.: “kelbihan orang berilmu atas ahli ibadah sama dengan kelebihanku atas orang yang paling hina di antara kalian” kegiatan bermanfaat yang di lakukan setelah shalat subuh di antaranya adalah melakukan aktifitas keseharian kita,sperti bekerja,sekolah mengajar dll.
BAB 4 : RUTINITAS HARIAN
A.Mengapa stress?
Stes terdiri dari bahasa yang relative kompleks .ada sebagian ahli yang mempoisikannya sebagai stimulus.misalnya pada individu yang mempunyai pekerjaan yang tingkat strsnya tinggi.sebagian ahli mendudukan stres sebagai suatu proses yang mencakup sor dan strain (respon baik secara psikis maupun maupun fungsi tubuh terhadap stressor ;jadi stressor berdasarkan linngkungan sedangkan strain berdasarkan individual.
Secara kronologis ,syle mengemukakan tiga fase mekanisme terjadinya stess atau general adaption syndrome (GAS) :
·         Fase peringatan (alarm stage).sistem syaraf pusat di bangkitkan dan pertahanan tubuh di mobilisasi.
·         Fase perlawanan atau adaptasi (the stage of resistance or adaption),fase ini memobilisasikan untuk lari atau melawan.
·         Fasae keletihan (stage of exhaustion),yaitu tahap kelanjutan yang mengakibatkan terganggunya system keseimbangan tubuh (homeostatis).
Jika kita merasa terbebani dengan pekerjaan kita maka kita merasa lelah untuk melanjutkannya,sebaliknya dengan merasa ringan secara tidak langsung telahmembuat system coping (mengatasi perubahan).
B. Zikir:bikin hidup lebih hidup
“di dalam al-mustakhlash fii tazkiyatil anfus karya sa’id hawa rahimatulullah di sebutkan ada 13 sarana yang kita bisa jadikan wasilah yaitu : shalat,zakat,infaq,sedekah,puasa,haji,tilawatul qur’an,dzikrulah,tafakkur alam dll.
Meskipun demikin ALLAH SWT telah mejelaskan dalam surat (Qs.al-muzammil [73]:20),yang isinya adalah:
·         Allah swt mengerti bahwa kemampuan setiap manusia dalam berqiyamullail berbed-beda.
·         Allah taala lah yang membuat ukuran siang dan malam.
·         Allah swt mengetahui bahwa manusia itu lemah dan tidak mampu memenuhi semua kewajiban.
·         Allah swt mengetahui bahwa di antara kit aitu ada yang sakit dan ada yang mencari ma’isyah (bekerja).
Dalam laporan penelitian ini di sebutkan bahwa dengan mengucapkan huruf A-L-L-A-H dengan benar maka dampaknya adalah sebagai berikut:
A.    Huruf A :melepaskan diri dari penyakit pernapasan.
B.    Huruf double L : Yang  bacakan sesuai logat arab akan menimbulkan perasaan rilexs dan istirahat.
C.    Huruf H : menciptakan kontak antara hati dan alat pernafasan akan menjaga jantung.
BAB 5 : REHAT DENGAN SHALAT DHUHA
Abu dzar radhiyallahuanhu’anhu (r.a) meriwayatkan bahwa rasulullah saw. Bersabda : “setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya;setiap tasbih adalah sedekah,setiap tahmid adalah sedekah,setiap amar ma’ruh adalah sedekah,dan setap nahi munkar adalah sedekah,maka ,yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua rakaat yang di lakukannnya dan shalat dhuha” (Hr.ahmad,muslim dan abu dhaud).
A.Kapan waktunya?
Waktu dhuha terhitung panjang,mulai dari sesudah wktu haram hingga sesudah waktu haram,maksudnya waktu haram yang pertama adalah terbitnya matahari,dan waktu sesudah haram yaitu tepat di tengah hari,dari garis peredarannya.
Tentu dalam hal tersebut ada waktu utama untuk melaksanakan shalat dhuha,jika menurut kondisi di Indonesia yaitu kisaran pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.00 atau bisa lebih tetapi memperhatikan waktu haramnya,yaitu sekitar pukul 11.30 yag sudah memasuki waktu dhuhur.
B.Manfaat shalat dhuha secara medis
Peregangan sungguh mutlak di perlukanya,untuk kesiapan kita menyongsong hari penuh tantangan.dan rasulullah saw menyinggungnya dengan ungkapan santun : “hak dari tiap persendian”.semunya cukup dengan dua rakaat dhuha.
Dr.ebrahim seorang dokter,peneliti,serta direktur dari Trinidad Islamic academy menyatakan “gerakan teratur dari shalat menguatkan otot beserta tendonnnya,sendi serta berefek luar biasa terhadap kardiovaskular.
BAB 6 : TIDUR SIANG
Tengah hari adalah masa paling sesuai untuk tidur sekejap karena system dalam tubuh manusia secara biologis efektif dalam memanfaatkan fase rehat atau tidur pada waktu ini.tokoh yang menggalakn tidur pada siang hari adalah  Dr.William A. anthony dan Camille W. Anthony, Ph.d,penelitian yang mereka lakukan adalah bahwa mereka yang tidur secara rutin 30 menit pada waktu tengah hari mempunyai resiko mengidap penyakit jantung 30 persen lebih rendah jika di bandingkan tidak tidur sama sekali.
Bangsa eropa banyak menerapkan  system tersebut seperti inggris,terutama pada kalangan prasekolah dan elementary school (sekolah dasar).di awali pada Survey National Sleep Fondation di Washington DC Baru baru ini.mengungkapkan bahwa tidur siang palin sedikit 30 menit,mampu meningkatkan produktifitas kerja,kesiapsiagaan tubuh,dan memulihkan mood.
Kenapa bisa demikian?
Richard Wiseman,seorang professor psikilogi,menyatakan bahwa riset membuktikan otak kita lebih bekerja kreatif saat kita  dalam kondisi rileks dan nyaman di bandingkan saat di bawah tekanan.studi yang dilakukan ilmuan asal ingris ini menyatakan bahwa 30 persen orang mendapatkan ide ide tebaik di tempat tidur dan hanya 11 persen saja yang mendapatkan ide cemerlang di meja.
Riset yang di lakukan East of England Development Agency (EEDA),bahkan mimpi dalam tidur menciptkan kombinasi luar biasa antara ide-ide dan hal-hal yang sulit. Ada dua fase tidur REM (Rapid eye movement) tidur dalam keadaan lelap,sama bagusnya dan seimbangnya dengan fase tidur NREM (non-rapid eye movement).Tidur sendiri memiliki 5 tahapan,tahap 1 dan 2 adalah pengantar untuk tidur,tahap 3 dan 4 adalah fase tanpa mimpi,di kenal sebagai fase NREM pada fase in terjadi perbaikan memori dan pembaruan molekul pembelajaran (learning molecules) Sering di sebut juga “deep sleep” jika fase ini di tempuh dengan maksimal. Tahap terakhir adalah tahap ke-5 di kenal sebagai “dreaming time” Saat kita bermimpi.
Akan tetapi berbeda dengan kondisi anak-anak. Mereka membutuhkan waktu tidur siang lebih banyak di bandingkan orang dewasa.tidur siang pada anak anak memicu tinggi badan,tidur siang memicu hormone pertumbuhan (growth hormone). Sehingga anak berpeluang tumbuh lebih tinggi,dan itulah fakta tentang “ take a nap”.
BAB 7 : SHALAT WAJIB DAN SHALAT SUNNAH
A.Shalat dalam perspektif kesehatan
bila banyak penyakit melalui pemeriksaan penunjang,shalat mengisyaratkan dengan rasa nyeri ataupun tidak nyaman sewaktu melakukan gerakan teratur ini. Termasuk untuk melawan penyakit osteoporosis. Shalat menguatkan tulang,sementara osteoporosis melemahkan tulang belakang terutama tulang belakang ,pilar tubuh yang erbungkus oleh daging.
Tulang punggung terdiri dari 7 ruas tulang leher,12 ruas  tulang dada,5 tulang pinggang,5 kelangkang,dan 3-5 tualang ekor. Semua brada dalam satu tatanan yang rapid an saling terhubung dalam persendian yang di perkuat oleh ligament (jaringan ikat). Di dalamnya terdapat rongga yang terisi saraf.
Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang  yang terjadi di hari tua,kejadiannya berhubungan erat dengan kualitas tulang di usia 28 tahun.bila bagus osteoporosis sukar terjadi tapi sebaliknya.demikian pula ketika membicarakan megenai aliran darah,pernafasan,ataupun aliran getah bening  semua tuntas terpecahkan dalam gerakan shalat.
B.Takbiratul ihram dan berdiri
Takbir merupakan latihan awal pernafasan,secara umum gerakan ini juga melancarkan aliran getah bning (limfe) dalah cairan tubuh bukan darah dan mempunyai system tersendiri. Tugas utamanya adalah untuk membunuh kuman yang berada dalam darah.cairan ini berasal dari darah,air,protein dan garam.
Sementara berdiri di sertai sedakap merupakan peregangan otot dada.  Bekerjasama dengan otot bahu mereka membantu meringankan beban tulang belakang bagian dada.sikap ini juga menghidarkan dari gangguan persendian khususnya pada tubuh bagian atas,menurut Dr.A. Saboe, “meletakan tangan kanan di atas pergelangan tangan kiri merupakan istirahat yang paling sempurna bagi kedua tangan,sebab sendi-sendi,otot-otot kedua tangan berada dalam posisi istirahat penuh.sikap sepeti ini akan memudahkan aliran darah mengalir ke jantung,serta memproduksi cairan getah bening dan air jaringan kedua persendian tangan akan menjadi lebih baik,sehingga gerakan di dalam persendian akan menhadi lebih lancer”.
C.Rukuk
Rukuk adalah gerakan membengkokan tulang belakang,dan meluruskanya pada posisi tersebut,meregangkan antara tulang otot dan tulang punggung.meletakan tangan seraya meluruskan tulang punggung dapat memperlancar peredaran darah dan getah bening. Maka makanan bagi tulang beserta ligament dari otot pendukungnya terjamin.
Menahan rukuk dengan tumakninah,memberikan waktu bagi semua system,adalah sunah karena bacaan yang mengagungkan-NYA di ucapkan sesudah tulang belakang lurus (Hr.Ibnu Abi Syaibah).
D.Iktidal
Iktidal ialah variasi postu setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ-organ pencernaan di daam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian.
Efeknya pencernaan menjdi lebih lancar,dan memberikan tekanan pada aliran darah untuk bergerak ke atas,hal ini dapat membuat tubuh mengalami relaksasi dan melepaskan ketegangan.
E.Sujud  
Sujud adalah peregangan maksimal otot punggung dan bahu.sujud juga merupakan pijatan otot perut sejak rukuk. Di lakukan dengan meluruskan tulang belakang meregang otot hingga rongga perut mengecil.otot yang bertambah kuat dapat mencegah penyakit hernia.
Dalam posisi sikap sujud sperti ini dinding dari urat urat nadi akan nadi dalam otak dapat di latih  dengan membiasakan menerima aliran darah lebih bnyak dari biasanya.latihan ini dapat mencegah kita mati mendadak karena pecahnya urat nadi bagian otak karena marah.
Di tambah lagi aliran darah kaya dengan oksigen bisa mengalir maksimal ke dalam otak pada  posisi sujud ini.sujud juga dapat memperlancar aliran darah dan getah bening ke bagian leher dan ketiak.oleh karena itu jangan tergesa-gesa ketika bersujud karena darah akan mencukupi kapasitasnya di otak, serta terpaculah kecerdasan kita.
Seorang doctor di amerika telah memeluk islam  karena beberapa keajaiban dalam penelitianya. Ia adalah seorang doctor neurologi,ketika dalam penelitiannya ada beberapa urat syaraf yang tidak di aliri oleh darah padahal setiap inci otak memerlukan darah yang cukup.
Dari penelitiannya di hasilkan : darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut kecuali dia shalat yakni dalam posisi bersujud.
F.Duduk tasyadud
Dududk adalah peregangan tulang belakang beserta ligament dan ototnya dengan empat gaya rotasi.duduk di antara dua sujud bisa mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya dus lipatan paha dan betih sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran.
Ada dua macam duduk dalam shalat yaitu iftirasy (tahiyatul awal) dan tawarruk (tahiyatul akhir).saat iftirasy tubuh mengalami relaksasi dan merangsang otot otot pangkal paha,sehingga dapat mengurangi nyeri pada pangkal paha.sedangkan duduk tawarruk sangat baik untuk kaum pria  sedang tumit menekan kandung kemih (uretra),kelenjar kelamin pria dan saluran sperma jika dilakukan dengan benar.
G.Salam
Gerakan memutar kepala ke kanan dan kiri secara maksimal mampu mencegah sakit kepala dan mengencangkan kulit wajaah.keranterjadi reaksi otot di antara muka dan leher sehingga akah memperlacar aliran darah di kepala.
H.Apa saja shalat sunah itu?
Ada dua tipe shalat sunah,pertama dalah shalat sunnah mutlak (yang waktunya tidak tetap).kedua,shalat sunnah yang waktu pelaksanaanya sudah di tetapkan (shalat sunnah muqayad).
I.Shalat sunnah mutlak
Shalat ini shalat yang istimewa karena kit adapt melakukanya kapan saja dengan jumlah rakaat sesuai kemampuan kita. Tentu saja asal jangan shalat pada waktu haram,yakni sesudah waktu subuh,hingga sebelum waktu shakat dhuha,tepat sebelum shalat jumat dan sebelum shalat maghrib.
J.Shalat sunnah muqayyad
Ada banyak pilihan shalat sunnah yang di tuntunkan sang junjungan sesuai dengan nash syar’i.
K.Shalat sunnah rawatib
Shalat ini pengiring shalat fardu,dalam syariaat ada yang di ceritakan sebelum (qabliyah) shalat wajib,ada yang sesudah (ba’diyah) dengan ketentuan yang telah di buat.
Shalat sunah rawatib terbagi menjadi dua: petama shalat sunah rawatib muakkad, shalat yang selau di kerjakan rasulullah dan di tekankan pengerjaanya kepada setiap hamba allah.kedua shalat sunnah ghairu muakad ,shalat yangdi anjurkan di kerjakan secara umum,tanpa ada penekanan.
L.Shalat sunnah selain awatib
Shalat ini mengiringi shalat wajib,inilah shalat shalat sunah tersebut :
·         Shalat witir,shalat dengan rakaatnya ganjil yang di lakukan antara isya hingga terbit fajar.
·         Shalat tahajud,tentang shalat ini sudah di bahas di bab sebelumnya.
·         Shalat dhuha,juga sudah di bahas di bab sebelumnya.
·         Shalat tahiyatul masjid,tidak peduli apapun kegiatan kita di mesjid shalat ini di anjurkan ketika kita memasuki masjid
·         Shalat setelah wudhu
·         Shalat istikharah,shalat ini di kerjakan untuk sebagi jalan mendapatkan pendamping hidup.
·         Shalat taubat,keempat mdzhab terbuka menganjurkan untuk melksanakan shalat ini.
BAB 8 : MEMBACA DAN MENTADABBURI AL-QUR’A
A.          Al-Qur’an
Tak dapat di pungkiri bahwa mukjizat rasulullh saw,ini memang begitu berarti bagi kehidupan manusia. Mendengarkannya saja mendapatkan pahala apalagi memahaminyya,membaca meski tidak memahahamnya pun mendapat efek dahsyat seperti ketentraman,cepat sembuh dari penyakit lahir dan batin.
Kadang terjadi  hal yang ironis ketika seseorang memiliki penyakit seperti kanker,jantung mereka amat bingung mencari obatnya,sementara jika penyakit itu penyakit hati banyak sekali yang tidak peduli bahkan hingga hatinya mengeras dan mati.padahal,menurut Dr.sholeh apabila di cermati sebab di turunkannya (azzab an-nuzul) itu di ceritakan dalam surat al-muzzammil,ada dua pokok yang memasyungkal hati rasulullah saw.
Pertama,beratnya tugas yang di emban nabi saw;tugas yang memerlukan kekuatan jiwa. Kedua hebatnya rencana musuh yang di hadapi. Kedua hal inilah yang secara manusiawi mengakibatkan nabi di rundung berbagai kegelisahan,kecemasan,kekhawatiran,dan ketakutan.
B. Al-Qur’an dan fakta medis
“Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan daya ingat dan hafalan sseseorang menjadi kuat,di antaranya menyedikitkan makan,membiasakan melaksanakan ibadah shalat malam dan membaca al-qur’an sambil melihat epada mushraf”.
Malik badri melaporkan penelitian al-qadi di florida amerika serikat.penelitian ini menghasilkan bahwa hanya mendebgarkan bacaan al-qur’an,seorang muslim baik berbahasa arab maupun bukan,mampu merasakan perubahan secara fisiologis yang besar seperti penurunan depresi,kesediihan bahkan dapat memperoleh ketenangan dan menolak berbagai macam penyakit.
Kesimpulan hasil uji coba tersebut di perkuat oleh penelitian Muhammad salim yang di publikasikan oleh universitas boston.objek pen nelitiannya di lakukan oleh 5 orang sukarelawan yang etrdiri dari 3 pria dan 2 wanita.kelima orang tersebut samasekali tidak mengerti bahasa arab,dan mereka pun tidak di beritahu  bahwa yang di perdengarkan adalah alqur’an.
Penelitian ini di lakukan sebanyak 210 dan di bagi dalam dua sesi yakni dengan membaca atrtil dan membaca bahasa arab yang buka dari al-quran. Kesimpulannya adalah responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan al-quran dan 35% dari mendengarkan bahasa arab.al-quran juga dapat member pengaruh besar jika di dengarkan kepada bayi.
Selama ini praktik medis dalam ritual keagamaan seolah olah hanya ada pada ajaran agama budha.padahal,meditasi juga pernah di lakukan oleh rasulullah saw. Fakta meditasi dapat mengurangi kecemasan juga telah di selidiki oleh para sarjana barat seperti pada zen meditation dan penelitian transcendental-meditation.
C.Unsur meditasi
Ustadz yusri menjelaskan,kitab al-qur’an bukanlah sebuah buku sains maupun buku kedokteran. Al-qur’an menyebutkan dirinya sebagia “penyembuh penyakit”,yang oleh kaum muslimin di artikan bahwa  petunjuk yang di kandung membawa kesembuhan spiritual,psikologi dan fisik.
Kesembuhan dengan menggunakan al-qur’an dapat di lakukan dengan membaca,berdekatan dengannya,dan membacakannya. Salah satu unsure yang di katakana meditasi dalam al-qur’an adalah autosugesti,auto sugesti sebagi pengolah ketenangan,sedang bacaan lainya adalah sugesti pernafasan.
D.Aspe autosugesti
Al-qur’an merupakan kitab suci umat islam yang bnyak sekali berisikan berita-berita,nasihat-nasihat serta kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal shaleh.kata kata yang baik sering menimbulkan autosugesti yang memberikan efek positif yang menimbulkan ketenangan.
Platonov misalnya,telah membuktikan bahwa kata kata sebagai suatu conditioned stimulus memang benar benar menimbulkan arti atau makna tersebut pada diri manusia.
E.Relaksasi dari aspek waqaf dan tajwid
Menurut ustadz yusri al-qur’an adalah kitab yang mempunyai kode etik dalam pembacaanya. Membaca al-qur’an harus tanpa nafas dalam artian,sang pembaca membaca sekali nafas  sampai kalimat kalimat tertentu atau tanda tertentu dalam ilmu tajwid di sebut waqaf.waqaf inilah latihan pernafasan yang teratur,alami,tanpa rekayasa kepalsuan.
Fakta membuktikan bahwa membaca al-qur’an ini tidak ada efek negatifnya di banding meditasi non-islami yang semuanya di buat oleh manusia.oleh karena itu dari pada belajar menjadi ahli meditasi lebih baik menggunakan bacaan al-qur’an yang lebih praktis,mudah di pelajari dan mendapatkan pahala.
BAB 9 : SAATNYA ISTIRAHAT
A.Berapa lama idealnya?
Beruntung penelitian tentang korelasi wwaktu tidur dan tingkat kematian yng di lakukan oleh institutsi American cancer society bekerja sama dengan UCSD berhasil memecahkan pelemik ini. Isinya adalah orang yang tidurnya 8 jam perhari memiliki resiko meninggal lebih awal dalam penelitian tersebut dengan tingkat 12%,resiko meningkat 17% pada orang yang tidur 9 jam perharinya,dan 34% pad aorang yang tidur selam 10 jam perharinya.
Jim horne,ph.D dari loughtborought university,inggris mengatkan bahwa kebnyakan tidur sma halnya kebanyakan makan lebih dari yang di butuhkan oleh tubuh. Kalau merujuk dari hasil penelitian bisa di tarik kesimpulan tidur 7 jam perhari adalah yang terbaik,termasuk di dalamnya porsi tidur siang.
Sejauh ini tidur selama kurang dari 7 jam tidak menimbulkan masalah bahkan dapat tidur 6-5 jam perhari pun tidak masalah.bahkan professor Daniel f.kriple (guru besar ilmu kedokteran jiwa univeritas  California),seorang ilmuan ahli spesialis memiliki waktu tidur rata rata 6,5 jam perhari agar yakin bahwa kebiasaan tidurnya adalah telah mencukupi.
B. Apa yang harus kita laukan sebelum tidur
Pertama, jangan lupa kebiasaan kebiasaan baik yang kita canangkan hari ini,mulai dari intropeksi muhasabbah.jadi lakukan introspeksi,minimal sebelum merebahkan dir pada malam hari.
Kedua,jangan mengakhir hari terlalu larut,karena hormone melatonin yang di produksi oleh otak,seperti halnya kortisol pengeluaranya tidak terus meneerus setiap hari.mengikuti siklus yang di sebut irama sirkadian.hormon ini memulai aktifitasnya ketka malam hari dari pukul 02.00 sampai 03.00.
Efek meltonin yaitu untuk anti oksida,system iimuunitas tubuh hingga pemegang jam biologis.sifat antiosidanya berbeda dengan antioksidan biasanya,hormone melatonin ini di hasilkan pada waktu gelap adany acahaya mengganggu pengeluarannya.
C.Bagaimana posisi idealnya tidur?
Para ahli sepakat,bahwa posisi tidur yang paling “aman” adalah dengan menghadap kekanan karena tidak menekan jantung sehingga menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancer.pada posisi yang di larang oleh syariat yaitu posisi tengkurap,terjadipenekanan perut,hati,ginjal,usus dan organ lainnya.
Sedangkan mngenai posisi telentang,Abdullah bin zaid r.a dia melihat rasulullah telentag di masjid dengan posisi satu kaki di atas kaki lainnya.para ahli juga mendukung posisi telentang karena posisi tersebut menyebabkan peredaran lancarmeskipun idealnya adalah posisi miring ke kanan.
BAB 10 : HARI HARI KHUSUS
A.Puasa sunah
Tentang puasa sendiri yang di wajibkan adalah padabulan ramadhan.seecara umum puasa adalah sarana untuk mengistirahatkan diri.fakta menunjukan lama makanan yangtercerna di dalam usus adalah 14 jam,selam setahun organ ini nyaris tak pernah berhenti.disisi lain peremajaan organ kita terhenti  sampai organ pencernaan.
Jelas terlhat bahwa fase REM dan NREM berlangsung lebih cepat ,padahal fase ini lah terjadi perbaikan memeori danmolekul,fase ini sering di sebut fase “deep sleep” jika fase in di tempuh dengan maksimal.
Efek lainya dalam puasa yaitu meningkatnya magnesium ,magnesium memiliki efek cardio-protective (peliindung jantung) dengan demikiin dengan melakukan puasa jantung kita bisa lebih lama berfungsiinya.selain itu magnesium sebagai zat anti penggumpalan darah,sehingga terhindar dari penyakit stroke.
Manffat puasa ini dr.madarina Julia,Spa,MPH menjelaskan “ ketika puasa kita menahan lapar,ketika lapar itulah terjadi penurunan kadar gula darah dan pelepasan growth hormone (hormone pertumbuhan),saat terjad pelepasangrwn hormone lemak visceral yang posisinya di perut terbakar sehingga perut menjadi langsing.”
“jadi puasa memiliki dua efek,pertama mengurangi makan,sehingga berat badan menurun.kedua efek gula darahmenjadii rendah dn hormone pertumbuhan keluar,sehingga akan membakar lemak visceral dan memperbaiki kualitas pembluh darah”.baik enkefalin maupun endorphin merupakan obat alami salah satunya adalah morfin.
B.Apa saja ibadah puasa sunah itu?
Coba kita simak rangkuman dari fiqih puasa karya Dr.yusuf qardawi. Pertama,6 hari syawal nabi saw,mengajak kita untuk mengikuti puasa ramadhan dengan menambah enam hari di buan syawal. Kedua,puasa 10 hari pertama zulhijjah (kecuali hari kesepuluh,hari ied,yang di haramkan puasa).
Ketiga,puasa hari ‘asyura (10 muharam)dan tasu’a (9 muharam).ibnu abas berkata bahwa,ketika nabi saw,dating (ke madinah),beiau melihat orangorang yahudi berpuasa di hari ‘asyura. Keempat,puasa di buan sya’ban (bulan sebelum ramadhan).ramadhan adalah madrasah,tentu seharusnya kita memersiapkan diri lebih baik lagi menyongsongnya.
Kelima,puasa di bulan-bulan haram. Blan bulan ini adalah zulqa’dah,zulhijjah,muharram dan rajab. Di katakana “haram” karena peperangan di bulan bulan ini di haramkan. Keenam,puasa tiga hari setiap bulan.abu dzar.ketujuh,puasa senin dan kamis. Rasulullah dulu sangat memperhatikan puasa ini. keDelapan,puasa sehari dan berbuka sehari (puasa daud)
C.Wisata bermakna (rihlah) 
Hari hari manusia sengatlah padat,dia adalah jendral pergeraakan manusia,akan tetapi  harus menyikapinya dengan  bicak,terlalu diisi dengan kesenangan maka hasilnya adalah menjadi buruk. Akan tetapi sebaliknya,jika kita menyikapinya dengan bijak maka hasil yang kita peroleh adalah baik.
Melungkan waktu rehat,menghibur hati,merupakan sebuah kebutuhan. Lalu apa manfaat medis berwisata di tempat alami?,dalam buku “light has theraphy” menyatakan bahwa air,bumi dan matahari adalah efek pemurni. Secara medis matahari menset jam biologis alami kita,siang terjaga –malam istirahat.
Di masa sekarang banyak sekali system penyembuhan dengan bantuan sinar matahari. Synthonik misalnya,di temukan pertamakali oleh dokter Dr.Harry R.spitlerr,merupakan suatu bentuk theraphy untuk memperbaiki mata dengan interval khusus dari cahaya matahari.
Di beberapa percobaan di eropa,jepang dan amerika,menunjukan bahwa cahaya terang berguna untuk mengobati depresi. Selain itu,di dapat faktu bahwa sinar UV pada siang hari diperlukan tubuh untuk kesehatan fisik dan mentl,kekuatan otot dan serta proses belajar.

IKHTISAR
Sadakah andda bahwa guyuran air wdhu dalam konsep pengobatan modern di kenal dengan hidromasage alias pijat dengan memanfaatkan air sebaga media penyambuhannya,mebsuh wajah misalnya dapat meremajakan sel-sel kulit muka dan memebantu mencegah munculnya keriput.
Benarkah bahwa gerakan shalat memiliki maksud tertentu selain penghambaan kepada-NYA.seorang psikolog belanda non muslimm van der hoven mengngkapkan hasil temuanya tentang pengaruh membaca al-qur’an dan mengulangi kata-kata “ALLAH” baik di lakukan oleh seorangpasien maupun orang sehat. penelitian ini di lakukan selama 3 tahun terhadap muslim dan non muslim. hasilnya luar biasa,khusus bagi mereka yang mengalami kesedihan atau tekanan jiwa.seorang yang membaca al-qur’an secara regular mampu melindungi diri dari gangguan kejiwaan.
Sejut merupakan pijatan usus yang di mulai sejak rukuk.di lakukan dengan meluruskan tulang belakang dan meregang otot hingga rongga perut mengecil. Otot yang bertambah kuat akan mencegah berbagai penyakit (seperti hernia),membantu persalinan ,serta memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan organ kewanitaan. sedangkan usus yang di pijat melancarkan peristaltic (gerak mencerna pada usus)dan memudahkan buang air besar.
Para ahli sepakat bahwa posisi tidur yang di anggap paling “aman” adalah dengan menghadap kekanan karena tidak menekan jantung sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancer.inilah posisi ideal yang sesuai di anjurkan oleh Rasulullah.
Batang siwak memiliki batang serat yang elastic  dan tidak merusak gigi walau di bawah tekanan yang keras,batang siwak yang memiliki diameter kecil sangat fleksibel yang dapat mengeluarkan sisa-sisa makanan dari sel sela gigi dan menghilangkan plak (plaque).
Sebenarnya ada 700 BASes pada tubuh kita , tapi 65 di antaranya memiliki efek terpi reflek cepat dan cukup I kenai pijatan ringan atau usapan lembut untuk mengaktifkannya.menurut Dr.magomediov,yang menguasai ilmu refleksiologi china,61 dari 65 “drastic spot” tersebut adalah bagian yang di basuh air wudhlu.
Kortisol di butuhkan untuk melawan stress harian hanya saja yang di hindari adalah pengaruh negatifnya mampu menekan system imun yang bisa berakibat seseorang lebih erentan sakit,inilah kuncinya yaitu shalat tahajud.
Allah memberikan waktu setah subuh ini denfan berbagai fasilitas. Proses pembuangan racun begitu maksimal,sehingga udaranya murni,baik untuk kesehatan,apalagi di tengah polusi yanag merajalela.
Puasa membuat tidur lebih berkualitas ,karena “deep  sleep” lebih cepat tercapai.efeknya pada perbaikan tubuh dan otak, termasuk molekul memori lebih maksimal.


DAFTAR PUSTAKA
Al-qur’an al-kariim dan terjemahannya available fr om freeware: al-qur’an digital versi 2.0
Abu malik kamal bin assyaid salim.2006.shahih fiqih sunah ,Jakarta : pustaka at-tazkia.
Anoniim 2002 “tips tidur sehat.” Available from URL:http://www.promosikesehatan.com
Anonym.2004 “tidur berlebihan,resiko kematian mengancam” available from URL http://www.keluargasehat.com
Abu amman.2006. “mukjizat siwwak.” Available from URL http://geocities.com/abu_amman/mukjizatsiwak.htm
Anonym 2006. “kesehatan : mandi bikin segar dan sehat” available from URL http://www.kapanlagi.com
Anonym 2006. “dahsyatnya kasiat wudhu” available from URL http://forumjumaat.multiply.com
Anonym 2006. “kisah rahasia di sebalik sembahyang lima waktu” available from URL http://www.myquran.net
Anonym 2006. “manfaat puasa secara medis” available from  URL http://www.depkes.go.id
Aninim 2006. “sehat selam puasa” available from URL http://republika.co.id
Anonym 2006.”melatonin” vailable from URL http://en.wikipedia.org
As-sirjani,raghib. 2006 .misteri shalat sibuh solo : aqwam.
Athar,said. 2002 “prayers and healing” available fromm URL http://www.islam online.net
Azwar,bahar .2004 “salat dapat deteksi osteoporosis” available from URL http://www.pkiran-rakyat.com 
Azzam,abdulah 2006. Nasehat-nasehat rasulullah saw.;penawar lelah pengemban dakwah jogyakarta : uswah ( kelompok pro –U media.
Badri,malik 1996.  Tafakkr perspektif psikologi islam.bandung, remaja rosdakarya
Offset. (hal.43.cit sholeh).
Bisholihin,M.A.2001 . 50 gaya hidup rasullah saw,depok: bina mitra press.
Burns,karima.2001. “health benefit of saying ‘alhamdulialh’.” Available from URL http://www.islamonline.net
Burns,karima. 2001 “ the healing colors of Friday prayer.” Available fromURL http://www.islam online.com
Burns,karima. 2002 “studies show fajr prayers s healthy.” Available from URL http://www.islamonline.com
Carlson, N.R.1994. phsycology of behavior.USA : Alyn and bacon.(hal.1111-1128)
Department pendidikan dan kebudayaan 1998,ensiklopedia islam.jakarta : PT.ichtiar baru  van holve.(cit sholeh)
Dewan asatidz.2006 “tidur siang di bulan ramadhan”.availabre from URL http://www.pesantrenvirtual.com
Diabetes care.2006 “benarkah tidur sebabkan diabetes?” available from URL http://www.info-sehat.com
Emto,masaru.2006. the true power of water: hikmah air dalam olah jiwa. Bandung MQ publishing.
Ghazali,imam al-ibnu rajab al-hambali,ibnu qayyim  al-jauziyah .2005 tazkiyatun nafs.konsep penyucian jiwa menurut ulama salaffushahih. Solo : pustaka arafah
Guyton,A.C and J.E Hall.1997.fisiologi kedokteran edisi ke-9.jakarta : penerbitan buku kedokteran EGC.
Hasan,aliyah B.P 2005. Pengantar psikologi islami.(proses cetak.cit wahid).
Irfan,hwaa. 2001. “light has teraphy” available from URL http://www.islamoonline.net
Irfan,hwaa . 2002.”night prayers and the human body clock”. Available from URL http://islamonline.net
Kazim,ebrahim.2002. “fasting and yourbiological rhytms” available from URL http://islamonline.net
Kazim,Ibrahim.2005 “question and answer details : lare night prayers” available from URL http://www.islamonline.net
Kazim,ibrahhim.2005 “queation and answer details : healthy body and soul ramadhan” available from URL http://www.islamonline.net
Kompas cyber media.2005.”manfaat berbagai jenis pasta gigi” available from URL http://depkes.go.id
Kompas cyber media 2006.”posisi tidur tepat untuk kenyamanan” available from URL http://www.kompas.com
Magdalena,merry 2003.”tidur siang tingkatkan kreatifitas kerja”. Available from URL http://www.sinarharapan.co.id
Mayes,piter A 1995. Biokimia harper edisi ke-22 .jakarta penerbit buku kedokteran EGC.(cit sholeh)
Mc.cleland D.C 1998.”motivation and immune function in health diseae”. new Orleans : paper present at the amal meeting of the society of behavior medicine.(hal 33.cit soleh)
Musyaffa.1999.” taujih : allah mengetahui bahwa kita sibuk” available from URL http://www.hudzaifah.tr.cx
Nadesul,hendrawan. 1999. “ kebersihan pribadi” available from URL http://www.depkes.go.id
Nadesul,hendrawan. 2003.”tidur siang itu bikin karyawan produktif” available from URL http://www.kompas.com
Notosudierjo, M 1995 “ansietas dan depresi sebagai gangguan penyerta pada gangguan fisik” Surabaya : makalah symposium komordibitas fakultas kedokteran unair Surabaya. (cit.soleh)
Pase,M.Aron.2006 “ketika dokter memaknai sholat” available from URL http://www.waspada.co.id
Putra. S.T 19997 biologi molekul kedokteran.surabaya : unair universitas press.(hal.43-46.cit sholeh)
Qhardawi,yusuf.2006 fiqih puasa.solo : era intermedia.
Sa’id bin ‘ali bin wahl al-qartani.2005. tuntunan sholat sunnah.irsyad baitussalam : bandung.
Salem,mukhtar 1990.prayers : a sport for the soul and body. The arab modern center : cairo hal. (hal 52.cit tawfik)
Satori,ahmad 2005 “etos kerja dalam pandangan islam” makalah.
Selye.H 1946. “the geneal adaptation syndrome and the dissease of adaptation. “journal of clinincal of endocrinology. Vol 6 hlm.256-259. (cit sholeh).
Sholeh,moh. 2006. Terapi shalat tahajud  : menyembuhkan berbagai penyakit. Jakarta  penerbit hikmah (PT.mizan publika)
Sitompul,barita 2006 “rahasia shalat subuh” makalah.
Syaikhu.1997 “manfaat dan kendala pengamal shalat tahajud” hasil wawancara oleh Dr. Moh. Shaleh pada 15 maret 1997  di pondok pesantren hidayatullah. Surabaya (cit sholeh).
Tahir,E.S.M. 2006.” Manfaat tidur siang sekejap untuk beribadat malam.” Available from URL http://www.bharian.com.my
Tawfik,lamya 2003 “the preventive and healing wonders ablution.” Available from URL http://www.islamonline.com
Tim hidayatul insane (e,d) 2003.al majmu’at 2.solo : hodayatul insan.
Tim pnerjemah EGC. 1996 kampus kedokteran Dorland. Jakarta : penerbit buku  kedokteran EGC.
Tiim perumus mentoring. 2005. Materi mentoring AL Ushwah SMA 1 jogjakarta.yogyakarta : TPM AL Ushwah dan bidang litbang menthoriing  AL Uahwah.
Wahib,m. 2006. “shalat dalam perspektif keseahatan” makalah milik program pascasarjana universitas Indonesia ; program kajian tiimur engah dan islam ; kekhusuan kajian islam dan psikologi ; Jakarta : laboratorium psikologi kesehatan islami.
Yusri,A.M ,2006 “meditasi dengan AL-Qur’an “ available from URL http://psikolog2.tripod.coom/meditasiqur’an.htm

Sumber foto dan gambar   
Gb. 2 :www.nilevalleyherb.com
Gb. 3 :www.ezsoftech.com
Gb. 4 :www.maleave.co.jp
Gb. 5 :www.idance.ru
Gb. 6 :www.islamguide.dk
Gb. 7 : guyton.AC. & john E. Hall,fisiologi kedokteran edisi 9,Jakarta : penerbit buku kedokteran EGC,1997,hlm.1215.
Gb. 8 : www.islamonline.net ;”fasting and your biological rhythms.”


Profil penulis
Egha Zainur Ramadhani,lahir 20 juni 1984 di Yogyakarta.
SD Teladan Yogyakarta
SLTP  5 yogyakarta
SMU 1 Teladan Yogyakarta
Fakultas kedokteran UGM angkatan 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar